Minggu, 23 Juni 2019

E-COMMERCE PADA PERUSAHAAN LAZADA DI INDONESIA

KELOMPOK 2

KETUA :
SITI ZUBAIDAH SRI MALAHAYATI LUBIS

ANGGOTA :

LARDI SUHENDRO
ELTRA FESADILOP
TUTI PURWATI
AHMAD ROQIB
DERMAWAN
HERIANI WAILID
DONI


  


E-COMMERCE PADA PERUSAHAAN LAZADA DI INDONESIA

E-commerce menurut Rainer and Ceigielsky adalah proses membeli, menjual, mentransfer, atau menukar produk, jasa, atau informasi via jaringan komputer, yang meliputi internet. secara singkatnya kita bisa mendeksipsikan e-commerce adalah transaksi berdasarkan proses dan transimisi data secara elektronik
Indonesia benar-benar menjelma menjadi surga bagi para perusahaan penggiat bisnis E-commerce akhir-akhir ini. Salah satu contoh dari perusahaan yang menggunakan E-commerce adalah Lazada Indonesia. Lazada Indonesia (www.lazada.co.id) lebih berfokus kepada tipe e-commerce B2C atau Business to Customer karena tujuan utama perusahaan adalah menyerap customer individu yang melakukan transaksi di situs mereka. Dalam Business to Customer akan lebih terfokus bagaimana mekanisme dasar bagi pembeli untuk mengakses perusahaan tersebut di dalam sebuah web yang sudah disediakan oleh perusahaan. Setelah itu bagaimana pelayanan situs tersebut dan yang paling rumit adalah bagaimana menciptakan tantangan utama untuk penjualan. E-commerce memberikan pengalaman berbelanja yang sesungguhnya dengan dapat membeli dari rumah dan dapat dilakukan selama 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu.
Lazada adalah jaringan e-commerce yang berpusat di Timur Tengah, tepatnya di Dubai, Uni Emirat Arab. Meskipun demikian jika dirunut-runut, ternyata Lazada sendiri masih merupakan bagian dari Rocket Internet yang berasal dari Jerman. Lazada sendiri menggunakan nuansa biru dan oranye yang mirip dengan tema yang digunakan oleh Amazon.
Perusahaan Lazada merupakan top online retailer di Indonesia. Lazada Indonesia adalah bagian dari network Lazada Asia Tenggara, dimana kehadirannya menandai awal berdirinya Lazada di negara-negara lain yaitu: Malaysia, Thailand, Philippine, dan Vietnam. Lazada Indonesia adalah situs belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk, mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, serta perlengkapan traveling dan olahraga.
Perusahaan ini memberikan kesempatan kepada konsumen untuk membeli segala jenis produk yang berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan kecantikan hanya dengan mengakses ke website yang telah disediakan. Produk pesanan akan di antar ke rumah-rumah konsumen dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Pembayaran juga dapat di lakukan dengan uang tunai bila tidak memiliki kartu kredit.
Tujuan dari perusahaan ini adalah menjadi salah satu belanja online yang paling top dan utama di Indonesia serta memberikan pelayanan kepada konsumen secara maksimal, memberikan inspirasi dalam belanja dan memberikan pengalaman kepada konsumen dalam memilih-milih produk online. Karyawan yang bekerja di perusahaan ini merupakan individu yangmempunyai jiwa kewirausahaan, karena mereka berasal dari sekolah bisnis terbaik dan perusahaan di seluruh dunia.
Oleh sebab itu tidak diragukan lagi kualitas dalam pemberian pelayanan kepada konsumen yang akan di berikan secaramaksimal. Pelayanan yang Lazada berikan memiliki kelebihan tersendiri dalam pasar Indonesia, antara lain :
1.         Pilihan Produk 
Pilihan Produk Berkualitas yang beragam di Lazada Indonesia dapat dijumpai 12 kategori produk utama mulai dari peralatan rumah tangga, Elektronik rumah tangga, Handphone & Aksesoris, Kamera, Komputer, TV, Video & Audio, Mainan & Bayi, Kesehatan & Kecantikan, Tas & Koper, Olahraga & Otomotif, Musik & Instrumen, dan Buku.  
2.         Penawaran Khusus atau Promo Produk
Dalam belanja online seperti Lazada Indonesia juga sangat memperhatikan dinamika kehidupan masyarakat Indonesia. Berbagai penawaran istimewa dilakukan baik yang tidak bertema maupun yang disesuaikan degan tema. Ini tentu saja menjadi kelebihan dari belanja online karena eksekusi promo secara bersamaan antar tema dalam e_commerce lebih mudah dilakukan disbanding di dalam toko fisik. 
3.         Layanan Super Untuk Raja.
Di dunia online anda adalah raja karena anda tinggal pencet telepon bila ingin menanyakan produk, atau complain mengenai layanan, anda tinggal klik, barang diantar, anda tinggal pilih model pembayaran, atau bahkan anda tinggal minta jam berapa barang harus diantar ke rumah anda, dll. Tidak perlu repot dengan semua hal yang ada dalam belanja konvensional.

Di Lazada Indonesia memiliki banyak layanan luar biasa atau layanan super antara lain :
a.         Layanan Telepon Hotline. Anda dapat melepon ke nomor telepon yang tercantum di web.
b.         Gratis Biaya Kirim ke seluruh Indonesia. Kini Lazada Indonesia memeberikan gratis ongkos pengiriman di Indonesia bagian barat      dan tengah, dengan minimum akumulasi pembelian sebesar Rp 200.000
c.         Pengembalian barang dalam 14 hari Lazada Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau ketidaksesuain barang pesanan.
pengembalian barang dilakukan dengan cara mengisi formulir online di website Lazada kemudian pengembalian barang akan diproses lebih lanjut.
d.         Waktu Kirim. Walaupun belum menerapkan waktu kirim hari yang sama (same day delivery), tapi Lazada Indonesia sudah membuktikan kemajuan baik dalam hal layanan pengiriman. Kini pengiriman dilakukan dalam rentang waktu 2-6 hari ke seluruh Indonesia.
Walaupun mengalami hambatan dalam melakukan penjualan di awal–awal pembentukan Lazada Indonesia, pihak Lazada sangat merespon dengan sangat baik dengan melakuakn berbagai promo untuk menaikkan keinginan masyarakat berbelanja di dalam situs mereka. Sehingga jika melihat kesuksesan yang diraih oleh Lazada kita dapat menyimpulkan bahwa system E-commerce yang dibawa oleh perusahaan rocket internet dengan anak perusahannya yaitu Lazada sangat diminati oleh para konsumen.
Sedangkan untuk kekuranggan dari E-commerce Lazada Indonesia adalah :
  1.  tidak menutup kemungkinan dari costumer yang berkunjung ke web ini dan meragukan integeritas dari situs E-commerce ini yang dikarenakan nomor customer yang dicantumkan di situs nerupakan nomor provider untuk telepon genggam yang dianggap sama kebanyakan situs / penjual produk bohonggan (penipuan) yang juga tersebar di internet. 
  2. Respon layanan konfirmasi pembayaran yang masih sedikit terlambat 
  3. Beberapa produk yang available stock di website ternyata out of stock di gudang
  4. Layanan M-Banking dan pembayaran kartu kredit yang belum memiliki integritas tinggi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar